11 March 2017

ES SEMLO

ES SEMLO

by #REALKitchenNL
#imakes_itakes
#LyndaMaitimu
#LM24FoodPhotography

ES SEMLO

Ini pertama kalinya saya bikin, cari di google äpa saja sih makanan/minuman yang berasal dari Yogya?
Akhirnya penasaran dengan jenis minuman yang ada pisangnya.
Sekilas seperti setup pisang, lalu cari resep yang pastinya ingin saya praktekan.
Saya lihat bebrapa dan akhirnya pakai resep dari Mba Nina.
Hampir semua bahan saya punya, tapi pisangnya saya ganti pisang raja.
Dalam resep Mba Nina ada asem-nya, saya skip.
Juga daun pandan, saya ganti jadi pasta pandan.

Es Semlo ini merupakan hidangan khas Keraton Yogyakarta, kesukaan Sultan Hamengkubuwona IX.
Sekilas nampak seperti setup pisang, namun dalam resep di beri tambahan gula pasir.
Dan rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis.

Sebenarnya ini di sajikan dengan es batu, tapi dalam photo tidak tampak.
Maklum pada saat di photo masih dalam keasaan hangat, karena baru diangkat dari kompor.
Dan kelamaan jepret sana-sini.
Jadi di sajikan dalam keadaan hangatpun menurut saya juga enak.
Dan dalam keadaan dingin lebih nikmat seperti resep aslinya.
Yu sekarang kita lihat Bahan yang di butuhkan & Cara Membuatnya...

Bahan:

- 4 buah pisang raja, potong-potong
- 750 ml air (secukupnya)
- 100 gr gula pasir (secukupnya)
- 1/2 sdt pandan pasta (optional)
- 5-10 butir cengkeh
- 2 batang kayu manis
- asam kandis (skip)
- 1-2 tetes pewarna merah (saya pakai Wilton)


Cara Membuatnya:

1. Masak/resebus air, gula, pandan pasta,cengkeh, kayu manis sampai gula larut.

2. Masukan potongan pisang, asem(skip) & pewarna makanan. Masak sampai air meletup-letup, matikan kompor dan simpan dalam kulkas.

3. Dinginkan, setelah dingin sajikan dengan es batu atau di dinginkan di dalam kulkas.

4. Disajikan dalam keadaan hangat pun menurut saya juga enak, dalam keadaan dingin juga nikmat.


SELAMAT MENCOBA

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)