18 May 2016

Mpek-mpek Adaán Ikan Tenggiri

Mpek-mpek Adaán Ikan Tenggiri versi REAL Kitchen NL

Mpek-mpek ini penyajiannya bukan dengan kuah cuko tapi dengan saus kacang.
Terinspirasi dari putri saya yang suka juga dengan mpek-mpek ini, tapi sayangnya tidak suka makannya dengan kuah cuko.
Jadi makannya dengan saus kacang, loh kok hampir sama dengan penyajian siomay,
Ah apa saja buat keluarga, asal mereka suka akan saya buatkan...

Masih edisi Ikan Tenggiri...

Nah dari Ikan Tenggiri ternyata bisa di olah beberapa makanan yang perlu di coba, salah satunya dua jenis mpek-mpek yang saya praktekan beberapa minggu lalu. Awalnya ingin bikin mpek-mpek kapal selam, tapai batal karena ternyata pada saat ingin di bentuk susahnya minta ampun. Ya sudah tidak usah di isi jadilah mpek-mpek adaán yang bulat2 ini.
Lalu saya bikin juga mpek-mpek lenjer, ulasannya besok ya di postingan selanjutnya.

Dalam foto ini, ini kedua kalinya saya bikin Mpek-mpek adaán...

Awalnya lihat postingan teman di IG, lalu membandingkan lihat juga resep dari Mba Rieke Ordinary (yang sudah saya simpan lama sekali).
Akhirnya dari kedua resep tersebut saya uji coba menggabungkan keduanya, akhirnya resep dari Mba Rieke yang saya pakai pada bikinán yang ke dua kali. Dalam resep saya mengganti santan dengan air es dan takaran resep di sesuaikan saja dengan ikan tenggiri yang saya punya.

Juga dalam penyajian saya tidak pakai kuah cuko, tapi menggantikannya dengan saus kacang.
Kebetulan putri saya tidak suka dengan kuah cuko...
Penyajiannya hampir samakan dengan siomay...

Resep Mpek-mpek adaán modified by REAL Kitchen NL
Resep aslinya bisa lihat disini

Bahan2 Mpek-Mpek modified by Lynda Maitimu

- 400 gr ikan tengiri, yang sudah di haluskan
- 200-300 gr tepung sagu (saya pakai tapioka), jumlah bisa di sesuaikan
- 50 gr tepung terigu
- 100-150 ml air es
- garam, gula, secukupnya
- 2 sdm minyak ikan
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 1 butir telur, kocok lepas

- air mendidih untuk merebus mpek-mpek
- minyak untuk mengoreng
- Kuah Cuko - ganti dengan Saus Kacang.

Cara Membuat Mpek-mpek Adaán Ikan Tenggiri versi saya:

1. Taruh dalam wadah,ikan tenggiri masukan juga bawang putih halus, garam, gula, telur, air es dan minyak ikan.

2. Haluskan semua bahan tersebut diatas, kecuali tapioka. Sampai adonan tercampur rata, cicipi rasanya.

3. Setelah itu saya simpan dalam friser sampai keesokan harinya atau bisa dalam beberapa jam saja.
Kebetulan saya biarkan sampai esok harinya karena bikinnya juga sudah larut malam.

4. Keesokan harinya keluarkan dari friser, dan dinginkan lalu mixer/haluskan lagi dengan menambahkan air sedikit saja. Saya mempergunakan staf mixer untuk menghaluskan bahan tersebut.

5. Tambahkan tepung sagu/tapioka ke dalam adonan ikan sedikit demi sedikit, aduk perlahan sampai adonan dapat di pulug/di bentuk. Jangan terlalu lama mengaduk adonan, nanti adonan akan mengeras.

6. Bentuk adonan bulat2 ukurannya disesuaikan saja. Lumuri tangan dengan sagu/tapioka, bentuk sampai adonan habis.

7. Lalu masak/rebus adonan dalam air mendidih, sampai mpek-mpek tersebut mengapung. Angkat dan tiriskan.

Cara Penyajiannya tinggal goreng mpek-mpek tersebut sampai kecoklatan dan sajikan dengan kuah cuko. Tapi dalam foto ini saya menyajikannya dengan saus kacang, rasanya sama enaknya kok.
Nah kali ini saya sesuaikan dengan selera putri saya, buat anda sesuaikan selera saja...

SELAMAT MENCOBA.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)