10 February 2016

GULAI KIKIL TUNJANG

KIKIL TUNJANG a la REAL Kitchen NL
source by Lynda Maitimu

Ini GULAI KIKIL TUNJANG pertama kali saya membuatnya.


Seumur-umur baru kali ini saya bikin Kikil Tunjang ala Restaurant Pandang.
No bad lah...mengobati rasa kangen saya akan masakan Indonesia, masakan Padang a la Restaurant Padang.
Apapun deh kalau namanya Kuliner Indonesia, sedapat mungkin saya akan usahkan membuatnya sendiri.

I LOVE CULINARY INDONESIA.

Ini judulnya "Bikin sendiri, makan sendiri...sedih sendiri...hiks"
Sedihnya tuh disini (sambil nunjuk di dada)...hihihi:)



Dalam sejarah saya turun ke dapur dan buat sesuatu, biasanya orang rumah (anak-anak dan suami) paling suka masakan yang saya bikin.
Tapi kali ini sedih boo...tidak satupun ada yang mau makan, boro-boro mau nyicipin liat rupanya itu Kikil saja, suami saya sudah kasih tada tangan ke depan sambil di geleng-gelengkan...alias verboden untuk di sentuh. Gubraaaakkkssss...hihihi:)
Anak saya sudah pasti ga mau karena pedas rasanya.
Tapi yang kecil alias Alexander sudah ngoceh duluan...
"Mom ik wil niet...wueh niet lekker, stingke...dan bla...bla...bla." (Mom, saya ga mau/suka...ga enak, bau lagi...hihihi:)
Ah bikin Mamanya yang denger sedikit sedih, padahalkan ini enak banget (iya kalau yang suka ya?)
Ya ampun padahal saya sudah lama merencanakan bikin Kikil ini, karena kangen masakan Padang.
Ya sudah lah bikin sendiri...makan sendiri...yang lain makan roti saja, ga nendang 'nak Mama tiap hari makan roti. Mama butuh vitamin lain...hihihi:)

Resepnya saya kombinasi hasil tanya sana-sini, juga modal colek google.
Dan yang pasi di sesuaikan dengan bumbu dapur yang tersedia di dapur saya.
Akhirnya jadi juga GULAI KIKIL TUNJANG a la Mom_EmmyXander.

Bahan-bahan yang di butuhkan:

- 1 kg kaki sapi (rebus ambil dagingnya)
- 1 kaleng/450 gr santan kental
- 4 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- 2 batang serai, memarkan 
- 2 buah lengkuas yang di iris sebesar koin
- 3 buah asam kandis (saya pakai 2 sdm air lemon)
- 1 sdt royko rasa sapi
- 5 buah cabe rawit
- gula pasir, garam secukupnya
- 500 ml air (secukupnya/disesuaikan)

Bumbu yang di haluskan:

- 5 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 5 buah cabe merah besar
- 2 sdt kunyit bubuk
- 1 sdt kemiri pasta

Bela-bela'in cari toko daging sapi orang Turki/Moroko, awalnya cuma untuk beli tulangnya saja.
Buat kuah kaldu bakso atau soup. Eh kok lihat juga ada kaki sapi di jual, akhirnya beli daging sapi untuk bikin BAKSO SAPI a la REAL Kitchen dan beli kaki sapinya juga buat bikin kikil.
Baru kepikiran mau buat Kikil Tunjang setelah lihat satu tayangan TV di Indonesia via youtube.
Akhirnya terwujud juga saya bikin Kikil Tunjang ini. Belum sempurna, tapi begini saja saya sudah puas kok.

Cara Membuatnya:


1. Rebus kaki/dengkul sapi, lalu ambil kikil-nya, sisihkan.

2. Masak air sampai mendidih, lalu masukakan kikilnya dan masukan juga bahan-bahan lainnya, kecuali santan dan cabe rawit.

3. Masak sampai sedikit matang dan masukkan kembali bumbu halus dan santan, cabe rawit lalu masak sampai matang dan kuahnya mengental.

4. Cicipi rasanya, jika sudah pas rasanya, matikan api.
Saya bikinnya tidak begitu kental sekali, karena nantinya bisa di panaskan kembali dan bumbu akan terasa mengental dan semakin di panasín semakin enak menurut saya. Ya karena cuma saya yang makan, jadi bisa beberapa kali di panaskan.

5. Sajikan dengan nasi hangat dan bisa juga makan dengan daun singkong rebus, sambal lado hijau...
Serasa makan di restaurant padang, bukan? Ah akhirnya kesampaian juga bisa memanjakan lidah Indonesia-ku...

LOVE KULINER NEGERI-ku TERCINTA, LOVE KULINER MASAKAN DAERAH.

SELAMAT MENCOBA

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)