01 August 2015

CAKE POTONG (Cake Try and Trial LM)

CAKE POTONG
Cake Chocolate Try and Trial
by Lynda Maitimu Timman


Mengapa di namakan CAKE POTONG?
Sebenarnya Cake ini di buat dari saya yang suka coba mencoba resep dengan persediaan bahan yang ada di rumah (pada saat itu).
Yang suka Baking pasti sudah tau, pada dasarnya kalau kita suka dan sudah terbiasa dengan baking pasti mengenal bahan dasar yang selalu kita pergunakan.
Maka bahan dasar (basis) yang selalu kita pakai adalah tepung terigu, gula pasir, mentega/margarine/minyak goreng dan telur.
Dan kebetulan ke 4 bahan dasar itu hampir selalu ada di rumah saya, walau jumlahnya tidak pasti..

Istilah yang selalu saya pakai adalah SUKA MAKAN, SUKA MASAK (Baking/Cooking)...yu jangan segan2 mencoba berbagai macam masakan dari berbagai daerah bahkan negara.
Nah dari suka makan dan suka sibuk di dapur, makanya saya paling suka juga mencoba utak-atik resep dari yang nyontek sampai yang menemukan sendiri resep tersebut.
Perkara enak atau tidak...itu urusan nanti, praktek dulu baru orang rumah di minta kasih pendapat dengan resep yang kita buat.
Nah dengar deh bagaimana pendapat mereka....

Kalau kebetulan enak kita bisa coba lagi, tandanya Cake pastinya habis ludes tanpa sisa.
Tapi kalau sampai sehari masih bertahan dan masih banyak, berarti...tidak enak atau orang rumah kurang menyukai.
Beruntung sekali apa yang saya buat, hampir selalu di hargai suami dan anak-anak.
Ga sia-sia suka bersibuk ria di dapur...apa yang saya sajikan hampir selalu dengan komentar "Lekker Mom"

CAKE POTONG ini sederhana sekali bahan-bahannya.
Makanya saya namakan CAKE POTONG (Try and Trial Cake)
Kebetulan pada saat itu di rumah tidak ada cemilan, mau beli kok malas ke luar rumah.
Akhirnya lihat persediaan yang ada, mulailah saya coba mencoba bikin Cake ini.
Semua bahan yang ada saya coba keluarkan, biasanya saya selalu mempergunakan roombotter kali ini saya ganti dengan minyak goreng.
Kan namanya coba-coba, berhasil syukur...ga berhasil ya coba bikin lagi.

Foto di atas ini yang motret suami saya, saya sedang mencoba foto pakai mobile/HP..tidak tau kalau ternyata suami foto dari belakang pakai camera saya...lumayan bagus juga kan?
Karena setelah anak-anak dan suami mencoba beberapa potong, mereka bilang enak.
Dari pada habis ludes tanpa sisa, saya langsung foto saja pakai iPhone..

Bahan-bahan yang saya pergunakan pada saat itu adalah semua bahan dasarnya masih dalam tahap kira-kira.
Untuk yang ke dua kali bikin sudah ada perubahan atau tambahan sana sini, jadi Cake lebih pas.

BAHAN-BAHAN yang di perlukan
(untuk membuat Cake Potong versi saya ini)

- 4 butir telur ayam ukuran sedang
- 150-200 gr gula pasir (jika kurang manis tambahkan lagi)
- 200-250 gr tepung terigu
- 100 ml susu cair (suhu ruangan)
- 100-150 ml minyak goreng
- 1 sdt vanili bubuk
- 2 sdm cocoa powder/chocolate bubuk

Sssssstttt abaikan jari saya yang kurang lentik...hihihi:)
Ini candit camera, hasil kerjaan iseng suami saya...tapi hasilnya lumayan juga.

CARA MEMBUATNYA:

1. Kocok telur, gula, vanili sampai mengembang.
2. Masukan tepung terigu, susu cair, minyak goreng, kocok dengan mixer (kecepatan rendah), matikan mixer.
3. Ambil beberapa sendok adonan (buat motif) bagian atasnya, sisihkan.
4. Masukan chocolate bubuk. aduk sampai rata dan tuang dalam loyang kotak (20-22cm) yang sudah di olesi minyak.
Dan alasi bagian bawahnya dengan kertas roti.
5. Bagian atas tuangkan adonan yang putih (dasar) dan bikin motif sesuai yang anda inginkan.
Lalu tarik ke kiri dan ke kanan atau ke atas dan ke bawah, maka akan terlihat motif bagian atasnya seperti yang anda lihat pada cale saya ini.
6. Dan adonan siap di panggang/oven dalam temp 150*c
7. Setelah matang, dinginkan dan potong-potong, lekker buat teman minum teh.

SELAMAT MENCOBA

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)